PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEKAMPUNG TAHUN 2015

Authors

  • Joni Kawijaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

Keywords:

Media, Membaca, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Abstrak

Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media komik berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung yang berjumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan siklus II. Data aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan presentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data kemampuan membaca siswa diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam rata-rata kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung. Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan komik  ini  berperan  dalam  meningkatan  kemampuan membaca  bahasa  Arab siswa dengan adanya nilai post-test siklus I adalah 81,71 dan post-test siklus II adalah 85,14. Sedangkan  peningkatan  kemampuan membaca  siswa  sebesar  9,8 %  yang  diperoleh  dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II.

Published

31-12-2023

How to Cite

Kawijaya, J. (2023). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEKAMPUNG TAHUN 2015. Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 2(4), 57–69. Retrieved from https://e-journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-akmal/article/view/121