Studi Pemahaman Konsep Energi Dalam Penyelesaian Berbagai Persoalan Fisika Pada Perkuliahan Fisika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v1i2.183Kata Kunci:
Pemahaman, Konsep energi, PenerapanAbstrak
Rendahnya pemahaman mahasiswa mengenai konsep energi terlihat ketika mahasiswa diberikan berbagai persoalan fisika. Sebagian besar dari mahasiswa ketika diberikan persoalan fisika pada materi usaha dan energi dan diminta menyajikannya dalam berbagai representasi terlihat sangat kesulitan dalam menyelesaikannya. Oleh karena itu, Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar penguasaan pemahaman konsep energi dalam menyelesaikan berbagai masalah fisika dalam perkuliahan Fisika Dasar. Adapun batasan pada penelitian ini adalah bagaimana pemahaman mahasiswa dalam menerapkan konsep energi pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang mana metode ini digunakan untuk menganalisis data dan tabulasi nilai mahasiswa. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menjabarkan pengertian dasar konsep energi sebesar 69%, kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan metode grafik sebesar 32%, kemampuan mahasiswa dalam menghitung menggunakan persamaan secara matematis sebesar 72%, kemampuan mahasiswa dalam menunjukkan langkah pengerjaan soal sebesar 82%, dan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan konsep energi pada persoalan perhitungan dan aplikasi kehidupan sehari-hari sebesar 49%. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, mahasiswa cenderung mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep energi pada metode grafik dan penggunaan konsep energi pada persoalan perhitungan dan aplikasi kehidupan sehari-hari.