Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Mempertimbangkan Minat Belajar Dan AQ
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.172Kata Kunci:
Model Creative Problem Solving, Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar dan AQAbstrak
Penelitian Ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Minat Belajar dan AQ” dengan pokok permasalahan sebagai berikut: (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CPS dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (2). Apakah minat belajar dan Adversity Quotient (AQ) siswa pada pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan berpiki kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, mengetahui pengaruh minat belajar dan adversity Quotient (AQ) siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, penelitian eksperimen ini dimaksudkan untuk menguji suatu hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Masyariqul Anwar BandarLampung. Pemilihan subjek penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan AQ siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.