Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII Smp Negeri 3 Metro

Penulis

  • M. Willian Anwar Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Fetty Faridatun Sholikhah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Siti Maysaroh Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Veniati Veniati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.173

Kata Kunci:

Pola Belajar, Motivasi Belajar, Matematika

Abstrak

Pola belajar matematika berarti cara siswa melaksanakan suatu kegiatan belajar matematika yaitu bagaimana siswa mengatur dan melaksanakan kegiatan- kegiatan belajarnya. Dan motivasi menjadi salah satu faktor psikologis yang memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas belajar siswa. Tingkat motivasi belajar siswa berbanding lurus dengan keberhasilan proses belajar dan prestasi yang di capainya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat peneliti dianalisis dengan menggunakan metode analisis dengan langkah- langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verification. Hasil dari penelitian ini, bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro masih sangat rendah dapat dilihat dari persentase keempat indikator yakni motivasi berupa adanya kemauan siswa untuk mendalami materi dan tekun dalam belajar dan mengerjakan tugas hanya 0,061%,dengan motivasi tinggi, 45,45% motivasi sedang dan 48,48% motivasi rendah. Tetapi walaupun hanya 0,061% yang memiliki motivasi tinggi dalam mendalami matematika terdapat 75,75% memiliki niat usaha maju. Sehingga dengan rendahnya motivasi belajar matematika yang dimiliki siswa kelas VII VII SMP Negeri 3 Metro membuat pola belajar matematika yang baik juga belum tercapai dengan hasil persentase indikator pola belajar matematika yakni 24,24% siswa yang belajar sebelum materi dimulai, namun 100% siap dalam hal sarana. 30,30% siswa yang selalu memperhatikan namun hanya 15,15% siswa yang memberi respon serta aktif dalam bertanya serta mengerjakan contoh soal.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Anwar, M. W., Faridatun Sholikhah, F., Kurnia, I., Maysaroh, S., & Veniati, V. (2022). Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII Smp Negeri 3 Metro. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 1(1), 146–198. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.173