Kontribusi Sistem Moving Class Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MA Darul Amal Kota Metro Lampung

Penulis

  • Imroatul Munawaroh Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Riski Rusmalinda Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Aziz Syaifudin Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Tira Nia Agustin Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Rendi Irmawanto Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.249

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Moving Class

Abstrak

Sistem moving class merupakan bentuk pembaharuan dalam sistem
pembelajaran yang perlu dilaksanakan oleh sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah
Bertaraf Internasional (RSBI). Sistem tersebut dilaksanakan untuk memenuhi indikator
kinerja kunci minimal RSBI yaitu menjalankan kurikulum dengan sistem satuan kredit
semester (SKS). Pada sistem moving class guru mempunyai wewenang penuh utuk
mengelola kelas sesuai karakteristik mata pelajaran yang diajarkan sehingga diharapkan
motivasi dan hasil belajar siswa lebih baik. MA Darul Amal Kota Metro Lampung
menerapkan moving class sejak tahun 2009 untuk memenuhi syarat sebagai sekolah
RSBI. Permasalahan yang dihadapi yaitu banyaknya siswa yang mengulur waktu
menuju kelas dan membolos dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa serta hasil
belajar yang didapat siswa juga kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui kontribusi sistem moving class pada pembelajaran biologi terhadap
motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII MA Darul Amal Kota Metro Lampung.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menganalisisnya
dengan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan sistem
moving class pada pembelajaran biologi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar
siswa kelas XII MA Darul Amal Kota Metro Lampung. Pengambilan data pada
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan melalui
wawancara. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas XII program Naural
Science dan diambil sampel secara proportional random sampling dengan rumus
Slovin.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan sistem moving class
pada pembelajaran biologi memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa MA
Darul Amal Kota Metro Lampung yaitu sebesar 5,81% termasuk dalam kategori rendah.
Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Y= 52,727 + 0,279 X yang berarti
dalam setiap kenaikan variabel pelaksanaan pembelajaran biologi dengan sistem moving
class sebesar satu satuan akan diikuti kenaikan tingkat motivasi belajar siswa sebesar
0,279. Pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi juga memberikan
kontribusi terhadap hasil belajar siswa MA Darul Amal Kota Metro Lampung sebesar
2,87% termasuk dalam kategori sangat rendah. Persamaan regresi yang didapat yaitu
Y= 76,414 + 0,046 X yang berarti dalam setiap kenaikan variabel pelaksanaan sistem
moving class pada pembelajaran biologi sebesar satu satuan akan diikuti kenaikan
tingkat motivasi belajar siswa sebesar 0,046.
Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan sistem moving classpada
pembelajaran biologi memberikan kontribusi yang positif terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa MA Darul Amal Kota Metro Lampung. pelaksanaan sistem moving class
pada pembelajaran biologi memberikan kontribusi yang rendah terhadap motivasi
belajar siswa dan memberikan kontribusi yang sangat rendah terhadap hasil belajar
siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Munawaroh, I., Rusmalinda, R., Syaifudin, A., Nia Agustin, T., & Irmawanto, R. (2022). Kontribusi Sistem Moving Class Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MA Darul Amal Kota Metro Lampung. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 1(1), 26–61. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.249