Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP TMI Roudlatul Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.252Kata Kunci:
Cooperative Learning, Two Stay Two Stray, DemonstrasiAbstrak
Perbandingan hasil belajar Biologi siswa dengan pendekatan Cooperative Learning Tipe
Two Stay Two Stray dengan menggunakan Metode Demonstrasi (Sebuah eksperimen di
SMP TMI Roudlatul Qur’an). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan
hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Kooperatif
tipe Two Stay Two Stray dengan metode Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP TMI Roudlatul Qur’an pada kelas VII.1 yang berjumlah 35 siswa.
Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (24
item) serta lembar observasi terhadap penerapan kedua teknik pembelajaran. Analisis
data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hal ini dapat dilihat dari hasil
posttes t hitung > t tabel (2,96 > 2,00), hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar Biologi siswa yang
diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan
Demonstrasi dengan nilai rata-rata (mean) dari model pembelajaran Two Stay Two
Stray yaitu 76,00 sedangkan metode Demonstrasi yaitu 65,43 maka dapat dikatakan
bahwa hasil belajar kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two
Stray lebih baik dibandingkan dengan metode Demonstrasi.