Pembelajaran Biologi Berbasis Wisata Lokal Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup Dalam Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.263Kata Kunci:
Pembelajaran Biologi, Wisata Lokal, Keanekaragaman Makhluk Hidup, Motivasi BelajarAbstrak
Pembelajaran Biologi berbasis wisata lokal merupakan proses pembelajaran yang mengaitkan antara materi Biologi dengan materi sains dari wisata lokal suatu daerah yang dimasukkan ke dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji; 1) perbedaan aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis wisata Lokal Di Lembah Hijau Kota Bandar Lampung pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 90 siswa kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas VII, 2 sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VII, 4 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan peningkatan Motivasi belajar siswa, 2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran biologi berbasis Wisata Lokal di Lembah Hijau Kota Bandar Lampung pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis Muatan Lokal Di Lembah Hijau Kota Bandar Lampung dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran biologi berbasis Wisata Lokal Di Lembah Hijau Kota Bandar Lampung pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup.