Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.323Kata Kunci:
Bahan Ajar, problem solving, keterapilan berpikir kritisAbstrak
Penelitian Ini berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan pokok permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana desain pengembangan bahan ajar berbasis problem solving pada materi usaha dan energi. (2) Bagaimana kelayakan produk bahan ajar berbasis problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Menurut Gall, et all dalam penelitian R&D adalah metode penelitian untuk mengembangkan produk atau menyempurnakan produk. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, Desain bahan ajar berbasis Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi usaha dan energi mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), namun peneliti tidak melakukan Implementation dan Evaluation karena adanya keterbarasan waktu dan biaya. Berdasarkan penilaian dari para ahli, desain pengembangan bahan ajar berbasis Problem Solving berada dalam kategori layak. Kelayakan bahan ajar berbasis Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi usaha dan energi kelas X MA berdasarkan penilaian ahli desain media menyatakan bahwa bahan ajar layak digunakan atau dapat digunakan dengan revisi.