Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Stem Berbantu Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.324Kata Kunci:
STEM, Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir KreatifAbstrak
Penelitian Ini berjudul “Efektifitas Pendekatan Pembelajaran Stem Berbantu Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik” dengan pokok permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana Bagaimana efektifitas pembelajaran STEM (Science, Technology, Engeneering, and Mathematics) berbantu Creative Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design yaitu desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variable-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control group pretest-posttest design yaitu sebelum diberikan treatment/perlakuan, baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol terlebih dahulu diberikan pretest sebagai tes awal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penerapan pendekatan STEM dengan model Creative Problem Solving terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji paired t-test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah penerapan perlakuan. Selain itu, hasil uji effect size juga menunjukkan angka 0.68 yang berarti pendekatan STEM dengan model CPS terbukti efektif dengan kategori besar/tinggi, dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.