Pengembangan Alat Peraga Sederhana Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di SMP Negeri 5 Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.325Kata Kunci:
Alat peraga, Pembelajaran fisikaAbstrak
Observasi awal berupa analisis kebutuhan peserta didik pada bulan November 2022 di SMPN 4 Banda Aceh, menunjukkan masih banyaknya peserta didik yang beranggapan bahwa materi listrik dinamis merupakan materi yang sukar dipahami, sehingga peneliti berinisiatif mengembangkan alat peraga sederhana. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendesain alat peraga rangkaian listrik sederhana dan mengetahui tingkat kelayakan alat peraga sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define) berupa analisis kebutuhan, tahap perancangan (design) pemilihan bahan dasar alat peraga serta perancangan awal, tahap pengembangan (development) uji kelayakan melalui validasi ahli, dan tahap penyebaran (disseminate), namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan saja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari dua ahli media dan dua ahli materi. Diperoleh hasil penelitian, desain alat peraga rangkaian listrik sederhana tingkat SMP/MTs berbentuk box, berbahan dasar akrilik dan didalamnya terdapat beberapa jenis rangkaian listrik. Hasil uji kelayakan yang diperoleh dari validasi ahli media sebesar 90,8%, validasi ahli materi sebesar 84,4%, sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan pengembangan alat peraga rangkaian listrik sederhana sebesar 87,6% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil penelitian tersebut alat peraga rangkaian listrik sederhana tingkat SMP/MTs ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.