Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Di Kelas X MA Darul A'mal Metro Lampung
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.326Kata Kunci:
Kesulitan belajar, Pembelajaran fisikaAbstrak
Pada umumnya kesulitan merupakan suatu kondisi tertentu yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam kegiatan mencapai tujuan, sehingga memerlukan kegiatan yang lebih giat lagi untuk dapat mengatasi. Kesulitan belajar dapat sebagai kondisi dalam proses belajar yang ditandainya adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Hambatan ini mungkin disadari dan mungkin tidak dapat disadari dalam keseluruhan proses belajarnya. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik di MA Darul A’mal Metro Lampung. Penelitian ini menggunakan tiga tahnik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi. Sampel sumber data dalam penelitian ini adalah sepuluh peserta didik kelas X di MA Darul A’mal Metro Lampung yang mengalami kesulitan belajar fisika. Data yang diperoleh dari penelitian, faktor internal meliputi kesehatan yang sering terganggu, kurangnya minat belajar, kurangnya perhatian dalam belajar, malas dalam belajar, kebiasaan belajar yang tidak teratur. Faktor eksternal meliputi pembelajaran yang diselenggarakan dimana peserta didik dalam jumlah banyak peserta didik. Implikasi dalam penelitian ini adalah sebagai faktor-faktor kesulitan belajar mata pelajaran fisika pada peserta didik dapat dikenali oleh setiap guru fisika di MA Darul A’mal Metro Lampung agar dapat melakukan berbagai pendekatan dalam upaya mengulangi kesulitan tersebut.