Efektifitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Hots Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.327Kata Kunci:
STEM, Creative Problem Solving, HOTSAbstrak
Penelitian Ini berjudul “Efektifitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Hots Peserta Didik” dengan pokok permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana Bagaimana efektifitas pembelajaran Creative Problem Solving berbasis STEM (Science, Technology, Engeneering, and Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design yaitu desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variable-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control group pretest-posttest design yaitu sebelum diberikan treatment/perlakuan, baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol terlebih dahulu diberikan pretest sebagai tes awal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penerapan model Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan HOTS. Hal ini terbukti dari hasil uji paired t-test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah penerapan perlakuan. Selain itu, hasil uji effect size juga menunjukkan angka 0.6 yang berarti model CPS berbasis pendekatan STEM terbukti efektif dengan kategori besar/tinggi, dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik.