Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Bilangan Desimal Di Kelas V MI Miftahul Jannah Sekampung

Authors

  • Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Dimas Alfarisyi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Khoirul Hidayah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Veniati Veniati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.180

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika

Abstract

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Bilangan Desimal di Kelas V MI Miftahul Jannah Sekampung. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperioleh keabsahan data.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesulitan belajar bilangan desimal. (2) Menguraikan cara mengatasi kesulitan belajar bilangan desimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada bilangan desimal, faktor internal dan faktor eksternal (faktor dari diri anak sendiri dan faktor dari lingkungan seperti keluarga, sekolah, dan teman). (2) Memberikan motivasi atau semangat yang dapat membangkitkan siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika.

Published

2023-06-23

How to Cite

Darul A’mal Lampung, I. A. I., Alfarisyi, D., Kurnia, I., Hidayah, K., & Veniati, V. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Bilangan Desimal Di Kelas V MI Miftahul Jannah Sekampung. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 2(3), 218–254. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.180