Pandangan Pendidikan Multikultural dalam Islam Menurut Abdurrahman Wahid

Penulis

  • Abidin Abidin Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Dwi Desi Uryatul Jannah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Jami'atus Sholeha Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • M Ferdi Agustira Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Wahyu Nur Hidayah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/ijic.v1i1.195

Kata Kunci:

Pendidikan Multikultural, Pendidikan Islam, Abdurrahman Wahid

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam sangat penting sebagai sarana alternatif pemecahan konflik dan  menghargai perbedaan yang ada. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Wahid.  Metode penelitian ini dapat dilihat dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (library research) sumber pokoknya adalah Abdurrahman Wahid. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang sesuai dengan objek pembahasan yang akan diteliti. yang berupa buku, jurnal, artikel, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan sesuai dengan pembahasan yang akan dibahas. Teknik analisis data ini menggunakan analisis isi (content analysis) dengan cara mencari semua data yang berkaitan dengan pembahasan yang akan dibahas, selanjutnya mengumpulkan data, menyalin data-data, mengkaji semua data kemudian menganalisis data secara menyeluruh. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, pendidikan harus beragam sesuai dengan kulturnya masing-masing, Pendidikan yang beragam bukanlah penyimpangan dari tujuan, tetapi merupakan upaya untuk mencapai tujuan pendidikan dengan berbagai cara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Abidin, A., Desi Uryatul Jannah, D., Sholeha, J., Ferdi Agustira, M., & Nur Hidayah, W. (2022). Pandangan Pendidikan Multikultural dalam Islam Menurut Abdurrahman Wahid. International Journal of Islamic Communication, 1(2), 1–40. https://doi.org/10.47902/ijic.v1i1.195

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2