Pendampingan Pembelajaran Untuk Anak Anak Dilingkungan Masyarakat Dengan Metode Total Physical Response

Penulis

  • Jimmy Cromico Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Emma Puspita Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Endang Setiawati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v1i1.134

Abstrak

Pembelajaran bahasa inggris yang bervariasi dengan mengaplikasi teknik-teknik pengajaran  yang menyenangkan,  efektif  dan  efisien  memberikan peranan   penting   dalam   proses pembelajaran bagi anak-anak. Oleh karenanya, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk melatih kemampuan peserta dalam teknik pembelajaran yang dikhususkan pada permainan, lagu dan bercerita dalam bahasa Inggris. Selain itu,  penggunaan media pembelajaran dan kegiatan class  routine menjadi tujuan dari   pengabdian masyarakat  ini. Peserta  yang berpartisipasi  dalam  kegiatan  ini  adalah anak-anak yang berada di lingkungan masyarakat Iringmulyo Metro Lampung. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, curah pendapat, diskusi, metode demonstrasi  dan  metode  pendampingan.  Hasil menunjukkan  bahwa pengetahuan dan pemahaman anak-anak tentang tema yang diberikan meningkat. Peserta juga mampu menjawab beberapa  pertanyaan di akhir sesi dan terlibat dalam kegiatan  permainan  yang  diberikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan    kemampuan mereka dalam mengimplementasikan teknik-teknik pembelajaran yang lebih bervariatif yang sesuai dengan kemampuan anak-anak yang berada di lingkungan masyarakat Iringmulyo Metro.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-21

Cara Mengutip

Cromico, J., Puspita, E., & Setiawati, E. (2022). Pendampingan Pembelajaran Untuk Anak Anak Dilingkungan Masyarakat Dengan Metode Total Physical Response. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.47902/member.v1i1.134