Pendampingan Pembelajaran Untuk Anak Anak Dilingkungan Masyarakat Dengan Metode Total Physical Response
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v1i1.134Abstrak
Pembelajaran bahasa inggris yang bervariasi dengan mengaplikasi teknik-teknik pengajaran yang menyenangkan, efektif dan efisien memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran bagi anak-anak. Oleh karenanya, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk melatih kemampuan peserta dalam teknik pembelajaran yang dikhususkan pada permainan, lagu dan bercerita dalam bahasa Inggris. Selain itu, penggunaan media pembelajaran dan kegiatan class routine menjadi tujuan dari pengabdian masyarakat ini. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah anak-anak yang berada di lingkungan masyarakat Iringmulyo Metro Lampung. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, curah pendapat, diskusi, metode demonstrasi dan metode pendampingan. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman anak-anak tentang tema yang diberikan meningkat. Peserta juga mampu menjawab beberapa pertanyaan di akhir sesi dan terlibat dalam kegiatan permainan yang diberikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam mengimplementasikan teknik-teknik pembelajaran yang lebih bervariatif yang sesuai dengan kemampuan anak-anak yang berada di lingkungan masyarakat Iringmulyo Metro.