Pelatihan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Penguatan Islam Terapan Dalam Membedah Visi Misi Pada Mahasiswa Tbi IAI Darul Amal Lampung

Penulis

  • Toni Wijaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Ema Puspitasari Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Shallu Faradhila Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v1i1.136

Abstrak

Penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi harus memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan tertentu. Hasil pernyataan visi dan misi disosialisasikan untuk mendapatkan umpan balik sebagai evaluasi dan kesempurnaan visi dan misi. Pencapaian visi dan misi yang telah ditentukan harus diketahui, dipahami, dan dilaksanakan oleh semua sivitas akademika termasuk mahasiswa. Pegabdian ini dilakukan untuk penguatan tingkat pemahaman siswa tentang visi dan misi tentang islam terapan dengan menggunakan metode STAD untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IAI Darul Amal Lampung.. Pegabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Subjek dalam pengabdian ini adalah 114 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa inggris angkatan 2022. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan pernyataan tertutup dan terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum siswa sudah memahami visi dan misi dengan baik tentang islam terapan konsepe, dasar-dasar dan kajian pokok sasaran islam terapan yang detail dan menyeluruh. Analisis data menunjukkan bahwa 236 (95,93%) siswa telah membaca visi dan misi, 190 (77,24%) dan 204 (82,93%) mahasiswa tahu tentang visi dan misi, 203 (33,44%), 101 ( 64%) mahasiswa adalah persentase tertinggi dari mahasiswa yang membaca visi dan misi di spanduk berdiri atau kelas dan di buku bimbingan akademik. Selanjutnya, 79 mahasiswa (65,85%) setuju bahwa mereka telah mendapat informasi tentang visi dan misi, 35 mahasiswa (67,07%) setuju bahwa mereka telah memahami visi dan misi, 70 mahasiswa (70,33%) setuju dengan keberadaan visi dan misi. misi, dan 44 siswa (64,63%) setuju bahwa visi dan misi digunakan sebagai referensi

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Wijaya, T., Puspitasari, E., & Faradhila, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Penguatan Islam Terapan Dalam Membedah Visi Misi Pada Mahasiswa Tbi IAI Darul Amal Lampung. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.47902/member.v1i1.136