Pengenalan Budaya Dalam Konteks Belajar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Kota Metro

Penulis

  • Ema Puspitasari Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Intan Trine Chodija Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Saddam Febriansyah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Ani Rismawati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Ayu Bela Safira Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v2i3.153

Kata Kunci:

Budaya, Konteks Belajar Bahasa Inggris, Kampung Inggris

Abstrak

Program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini berbentuk kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang budaya dalam konteks belajar bahasa Inggris di Inggris Kota Metro. Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan kesan baik terhadap pembelajaran bahasa Inggris sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris bagi peserta belajar pada tingkat pengguna pemula (basic user) di Kampung Inggris Kota Metro. Target khusus kegiatan ini adalah pada pengenalan budaya bertanggung jawab, tepat waktu dan sopan santun dalam pembelajaran kosa kata (vocabulary), komunikasi umum (general communication), dan kalimat berisi ungkapan umum (common expression). Selanjutnya, peserta belajar diberikan pengenalan terkait kebiasaan baik dan produk budaya yang terdapat dalam masyarakat penutur bahasa Inggris (English native speakers).

   Metode pelaksanaan program kegiatan PKM ini adalah pembelajaran bahasa  Inggris santai dan menyenangkan menggunakan demonstrasi studi kasus dan  role play. Sasaran kegiatan ini adalah pemelajar tingkat pengguna pemula (basic user) di Kampung Inggris Kota Metro. Kegiatan dalam bentuk pembelajaran luring (offline) dengan lokasi kegiatan di Jl, Pala 5 No. 57 Iringmulyo Kec Metro Timur Kota Metro 34112. Kegiatan ini telah meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris dan lebih memotivasi siswa belajar bahasa Inggris khususnya bagi peserta belajar di Kampung Inggris Kota Metro. Adapun luaran yang sudah dicapai pada pengabdian kepada masyarakat ini berupa publikasi media massa online Metro Terkini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Puspitasari, E., Chodija, I. T., Febriansyah, S., Rismawati, A., & Safira, A. B. (2023). Pengenalan Budaya Dalam Konteks Belajar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Kota Metro. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.47902/member.v2i3.153