Pelatihan Vocabulary Dengan Metode Suggestopedia Bagi Guru Smp Neger 1 Pekalongan Lampung Timur

Penulis

  • Novriyani Novriyani Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Intan Trine Chodija Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Dian Atha Dinanti Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Meisy Azkiya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v2i3.155

Kata Kunci:

suggestopedia; guru SMP; vocabulary

Abstrak

  1.  

Pembelajaran bahasa bagi anak usia dini dimulai dengan pemberian vocabulary sederhana. Metode suggestopedia merupakan metode pembelajaran bahasa yang dapat memberikan manfaat lebih bagi pendidik dan peserta didik. Dalam dunia pengajaran, suggestopedia adalah memberi sugesti dan memberikan motivasi dan lebih supaya para peserta didik mudah memahami pelajaran dan guru menjadi memiliki kesan baik dan tidak mudah dilupakan. SMP Neger 1 Pekalongan Lampung Timur memiliki pengetahuan terbatas mengenai pengajaran vocabulary menggunakan metode suggestopedia. Oleh karena itu, Tim Pelaksana PKM berupaya memberikan pelatihan dan pendampingan dengan metode suggestopedia. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu pelatihan, pendampingan dan evaluasi praktik mengajar. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: Para guru mendapatkan pengetahuan tentang pengajaran menggunakan metode suggestopedia yang tepat digunakan bagi anak usia dini; Para guru mendapatkan pemahaman mengenai pengajaran vocabulary menggunakan metode suggestopedia; Para guru mendapatkan pelatihan dan pendampingan pengaplikasian pengajaran vocabulary menggunakan metode suggestopedia di dalam kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Novriyani, N., Chodija, I. T., Dinanti, D. A., & Azkiya, M. (2023). Pelatihan Vocabulary Dengan Metode Suggestopedia Bagi Guru Smp Neger 1 Pekalongan Lampung Timur. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 22–31. https://doi.org/10.47902/member.v2i3.155