Penyuluhan Pengaruh Hypermedia Pada Siswa Jurusan Ipa Dalam Konsep Hukum Gravitasi Newton Di Sma Muhamadiyah 1 Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v1i1.161Kata Kunci:
Hypermedia,Newton,SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypermedia terhadap hssil belajar fisika siswa kelas xi pada konsep hokum gravitasi newton. Penelitian ini dilakukan pada asiswa XI SMA Muhammadiyah 1 Metro. Instrument yang digunakan adalah tes bejek tipe pilihan ganda dan istrumen non tes berupa angket.Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terhadap pengaruh yang signifikan penggunaan hypermedia terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi sma muhammadiyah 1 metro pada konsep hokum grafitasi pada newton. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 4,57 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Terlibat bahwa nilai thitung > t tabel. Selain itu, nilai rata – rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan hypermedia. Hasil belajar siwa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (meningat), C2 (memahami), C3 (menerapkan) dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasaarkan analisis dan notes dapat disimpulkan bahwa secaara keseluruhan penerapan hypermedia dalam pembelajaran fisika konsep hukum gravitasi Newton memperoleh respon baik.