Workshop Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Matematika Melalui Penguasaan Soal Hoots
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v1i1.162Kata Kunci:
High Order Thinking, Pendampingan, Pedagogis, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Penerapan pembelajaran dengan menyertakan soal High Order Thinking Skills (HOTS) bukan hal yang mudah dilaksanakan oleh guru. Di samping guru harus benar-benar menguasai materi dan strategi pembelajaran, guru juga dihadapkan pada kondisi lingkungan, sarana prasarana dan intake siswa. High Order Thingking Skills merupakan kemampuan untuk menghubungkan, memanipulasi, dan mengubah pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk menyelesaikan masalah pada situasi baru. Oleh karenanya perlu ada suatu kajian dan penelitian serta pendampingan Guru Madrasah dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru matematika melalui penguasaan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Pengabdian ini memiliki nilai urgensi yang sangat besar untuk pengembangan kelembagaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia maupun untuk lembaga atau sekolah-sekolah di bawah Kementerian Agama khususnya di bawah lingkungan PC. LP. Ma’arif NU Kab. Lampung Timur. Hasil penelitian dan pendampingan menunjukkan kemampuan Guru-guru Madrasah dalam menyelesaikan soal-soal high order thinking skills (HOTS) mengalami peningkatan yang signifikan, Implementasi program peningkatan kemampuan pedagogis guru pada soal-soal HOTS oleh prodi Tadris Matematika IAI Darul A’mal dilakukan melalui pemberian workshop/pelatihan dalam merancang dan menyelesaikan soal-soal high order thinking yang selanjutnya diberikan pendampingan. Program tersebut berpengaruh poositif terhadap peningkatan kemampuan guru sekaligus implementasinya dalam kegiatan pembelajaran di kelas.