Workshop Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Matematika Melalui Penguasaan Soal Hoots

Penulis

  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • M.Willian Anwar Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Rosmaya Rosmaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Siti Maysaroh Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v1i1.162

Kata Kunci:

High Order Thinking, Pendampingan, Pedagogis, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Penerapan pembelajaran dengan menyertakan soal High Order Thinking Skills (HOTS) bukan hal yang mudah dilaksanakan oleh guru. Di samping guru harus  benar-benar menguasai materi dan strategi pembelajaran, guru juga dihadapkan  pada kondisi lingkungan, sarana prasarana dan intake siswa. High Order  Thingking Skills merupakan kemampuan untuk menghubungkan, memanipulasi,  dan mengubah pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis  dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk menyelesaikan masalah pada  situasi baru. Oleh karenanya perlu ada suatu kajian dan penelitian serta  pendampingan  Guru Madrasah dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru matematika melalui penguasaan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Pengabdian ini memiliki nilai urgensi yang sangat besar untuk pengembangan kelembagaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia maupun untuk lembaga atau sekolah-sekolah di bawah Kementerian Agama khususnya di bawah lingkungan PC. LP. Ma’arif NU Kab. Lampung Timur. Hasil penelitian dan pendampingan menunjukkan kemampuan Guru-guru Madrasah dalam menyelesaikan soal-soal  high order thinking skills (HOTS) mengalami peningkatan yang signifikan,  Implementasi program peningkatan kemampuan pedagogis guru pada soal-soal HOTS oleh prodi Tadris Matematika IAI Darul A’mal dilakukan melalui  pemberian workshop/pelatihan dalam merancang dan menyelesaikan soal-soal  high order thinking yang selanjutnya diberikan pendampingan. Program tersebut  berpengaruh poositif terhadap peningkatan kemampuan guru sekaligus  implementasinya dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-23

Cara Mengutip

Kurnia, I., Anwar, M., Rosmaya, R., & Maysaroh, S. (2022). Workshop Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru Matematika Melalui Penguasaan Soal Hoots. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 21–32. https://doi.org/10.47902/member.v1i1.162