Pelatihan Penggunaan Software-Software Matematika Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika Di Ma Darul Amal Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v1i1.165Kata Kunci:
Software, Profesionalisme GuruAbstrak
Guru adalah ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan, oleh karenanya usahausaha pemerintah dimaksud tentu saja tidak akan berjalan normal jika guru sebagai komponen terpenting dari pendidikan itu sendiri tidak mendukung sepenuhnya kebijakan peningkatan kualitas pendidikan yang sudah digulirkan. Guru perlu lebih dimotivasi lagi agar berubah menjadi guru yang inovatif dan kreatif dengan perubahan zaman di dunia yang kini sudah menjadi datar (flat) ini. Sebab guru adalah agen perubahan. Materi matematika merupakan materi yang abstrak sehingga sulit siswa dalam memahami materi matematika dari jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Atas. Peserta didik sekolah dasar masih dalam tahap pembentukan konkrit untuk dapat memahami materi matematika. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan software-software matematika. Software-software matematika dapat membantu peserta didik mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Peserta didik dapat terbantu dengan baik dari animasi yang ada di dalam software-software matematika, sehingga memudahkan siswa dalam mengkonstruksi pemahaman konsep matematika, dan lebih mengembangkan kemampuan dasar matematis seperti kemampuan penalaran, kemampuan pembuktian dan lain sebagainya.Perlunya software-software matematika untuk membantu pemahaman materi matematika yang abstrak dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi dengan ketepatan gambar dalam geometri dan garis dalam koordinat cartesius. Memudahkan siswa untuk lebih memahami materi matematika. Pelatihan ini membantu para guru dalam pembentukan dan pemahaman konsep matematis siswa terhadap materi matematika.Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat di MA Darul Amal Metro di dapat bahwa antusias guru dalam menggunakan tools software-software matematika dan animasi dalam bentuk dapat digerakkan membuat peserta paham maksud dari materi matematika.Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah 1) guru dapat menggunakan tools softwaresoftware matematika untuk mempermudah penjelasan materi matematika abstrak, 2) meningkatkan kemampuan matematis siswa lainnya seperti kemampuan pemecahan masalah, pembuktian, penalaran, dan sebagainya.