Pendampingan Produksi Media Audiovisual Matematika Untuk Guru Smp Di Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v1i1.166Kata Kunci:
media audio-visual, guru SMP, matematikaAbstrak
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang materinya memiliki karakteristik tertentu bila dibandingkan dengan pelajaran lain. Karakteristik tertentu tersebut seperti materinya bersifat abstrak, logis, sistematis, dan menggunakan simbol yang bersifat universal. Karakteristik inilah yang menjadi salah satu faktor matematika sulit dipahami siswa, apalagi siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama). Untuk membantu kesulitan siswa tersebut maka perlu pemanfaatan media pembelajaran sebagai sarana yang memudahkan belajar siswa, seperti media audio-visual. Tujuan kegiatan pengabdian adalah meningkatkan pengetahuan guru SMP tentang media-visual matematika, dan keterampilan guru SMP dalam membuat media audio-visual matematika. Sasaran kegiatan pengabdian adalah guru SMP yang mengajar matematika di Kota Metro sebanyak 32 orang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 6 hari, yaitu 1 hari untuk penyampaian materi/teori (Sabtu, 9 Oktober 2021, dilaksanakan di ruang kuliah G9, Gedung G FKIP Universitas Lampung) dan 5 hari untuk Pembimbingan praktek (Senin-Jumat, 11-15 Oktober 2021, dilaksanakan secara daring/online). Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) meningkatkannya pengetahuan guru SMP dalam membuat media audio-visual dengan N-Gain sebesar 0,88 (rata-rata skor pretes: 46,95; dan rata-rata skor posttes: 95,08), dan (2) meningkatnya keterampilan guru SMP dalam membuat media audio-visual; hal ini ditunjukkan oleh media audio-visual yang dihasilkan guru.