Pelatihan Kemahiran Mengajar Guru Matematika Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sd Negeri 1 Metro Pusat
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v2i4.187Abstrak
Guru Sekolah Dasar merupakan guru kelas yang dalam tugasnya dituntut menguasai banyak mata pelajaran. Oleh karena itu tidak dipungkiri bahwa penguasaan pengetahuan (materi) beberapa mata pelajaran menjadi tidak maksimal dan berpotensi terjadi kesalahan atau miskonsepsi dalam pembelajaran matematika. Ada indikasi bahwa guru Sekolah Dasar kurang menguasai materi dan kurang mahir dalam pembelajaran matematika. Ketidakmahiran dalam pembelajaran Matematika menjadi faktor kelemahan guru dan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran, serta mempengaruhi disposisi positif siswa terhadap Matematika. Guna mengatasi kesalahan atau miskonsepsi dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar setiap guru harus meningkatkan kemahiran mengajar dengan memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika secara benar sehingga pengetahuan guru bertambah dan guru dapat mengubah cara mengajar di kelas. Kemahiran mengajar guru dapat ditingkatkan melalui kegiatan workshop. Pengembangan kemahiran mengajar merupakan pengembangan profesional yang efektif dan terstruktur yang menghasilkan perubahan pada pengetahuan dan praktik guru dalam pembelajaran matematika.