Pelatihan Peran Komunikasi Intrapersonal Dalam Kesadaran Diri Dan Pertumbuhan Pribadi SMP Negeri 8 Metro Utara

Penulis

  • Dwi Desi Uryatul Jannah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Rudi Hanafi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Tri Ayu Indriyani Putri Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v1i1.208

Kata Kunci:

Komunikasi Intrapersonal, Kesadaran Diri, Pertumbuhan Pribadi

Abstrak

Setiap orang dituntut untuk terus tumbuh dan berkembang dengan memiliki kesadaran diri yang baik. Salah satu cara bertahan di dunia dengan tenang adalah dengan terus mengikuti tuntutan sikap dan perilaku yang bernorma. Maka dalam hal itu kesadaran diri dan pertumbuhan pribadi menjadi bagian aspek yang penting. Dalam mencapai komunikasi yang baik dengan sekitar, indivdu perlu melakukan komunikasi intrapersonal yang baik terlebih dahulu. Komunikasi intrapersonal menjadi banyak pemicu antara bentuk komunikasi lainya, pengetahuan mengenai diri pribadi melalui proses-proses psikologis seperti persepsi dan kesadaran.

Pemahaman terhadap diri sendiri menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan sebelum memulai proses pemahaman kepada orang lain. Sebagai generasi penerus bangsa tentunya memiliki pemahaman kesadaran diri dan pertumbuhan pribadi menjadi aspek yang bisa digunakan untuk menjadi sosok pribadi yang lebih baik bagi diri sendiri juga lingkungan. Aspek keyakinan, pendapat, pengalaman, sikap, dan nilai-nilai yang dimiliki individu juga menjadi komponen yang penting dalam menjalani proses komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Pembelajaran sikap sarat dengan kesadaran akan nilai-nilai yang berlaku pada diri dan lingkungan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Desi Uryatul Jannah, D., Hanafi, R., & Ayu Indriyani Putri, T. (2022). Pelatihan Peran Komunikasi Intrapersonal Dalam Kesadaran Diri Dan Pertumbuhan Pribadi SMP Negeri 8 Metro Utara. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.47902/member.v1i1.208