Pelatihan Pembuatan Soal HOTS Untuk Guru MGMP Biologi SMA/MA/SMK Di Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v1i1.280Kata Kunci:
Kompetensi Pedagogik, Biologi, Soal HOTSAbstrak
Tujuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru peserta pelatihan, khususnya dalam membuat soal HOTS bentuk pilihan ganda jawaban tunggal dan bentuk uraian. Prosedur pelatihan diawali dengan pre-test, dilanjutkan dengan penjelasan tentang soal HOTS bentuk pilihan ganda jawaban tunggal dan bentuk uraian untuk mata pelajaran biologi beserta contoh-contoh soalnya. Kemudian diteruskan dengan latihan penulisan soal oleh peserta secara berkelompok dan diakhiri dengan post-test. Hasil pelatihan menunjukkan: 1) Skor post-test lebih tinggi dari skor pre-test yang berarti penjelasan tentang soal HOTS baik bentuk pilihan ganda jawaban tunggal maupun bentuk uraian untuk mata pelajaran biologi beserta contoh-contoh soalnya dapat meningkatkan pemahaman para guru peserta pelatihan. 2) Secara umum guru peserta pelatihan telah mampu membuat soal pilihan ganda jawaban tunggal, beberapa soal telah ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang mewakili tingkat kognitif HOTS (C4, C5, C6), misalnya membedakan (C4), menganalisis grafik (C4). Untuk bentuk soal uraian, soal yang dibuat memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan berfikir kritis (C4) dan menilai (C5). namun berdasarkan telaah terhadap kata kerja operasional (KKO) yang digunakan masih ditemukan beberapa KKO yang tidak mewakili tingkat kognitif HOTS, misalnya mengidentifikasi (C2) mengurutkan (C3), dan menyimpulkan (C2).