Pelatihan Pembelaran Biologi Berbasis Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Literasi Digital Di SMK 3 Muhammadiyah

Penulis

  • Ridho Alfan Suri Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Aziz Syaifudin Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Kurotul Aini Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Hendra Subekti Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v2i3.288

Kata Kunci:

Inovasi, Biologi, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam pembelajaran biologi guna meningkatkan keterampilan kolaborasi dan literasi digital siswa. Dengan menggunakan pendekatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini dimulai dengan identifikasi kebutuhan guru dan siswa di sekolah sasaran melalui wawancara, survei, dan observasi. Berdasarkan hasil identifikasi, tim pengabdian masyarakat mengembangkan inovasi pembelajaran biologi berbasis teknologi digital, seperti media pembelajaran digital, platform pembelajaran online, dan aplikasi pembelajaran digital. Proses selanjutnya melibatkan pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menggunakan inovasi pembelajaran tersebut. Pelatihan dilakukan secara intensif dengan fokus pada penerapan teknologi digital untuk memperkuat keterampilan kolaborasi dan literasi digital siswa. Setelah pelatihan, dilakukan pendampingan terhadap guru dalam mengintegrasikan inovasi pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Hasil dari kegiatan ini melibatkan peningkatan keterampilan guru dalam mengadopsi teknologi digital dan peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran biologi. Selain itu, diharapkan adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan peningkatan minat serta antusiasme mereka terhadap mata pelajaran biologi. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi pada penguatan komunitas sekolah dan peningkatan literasi sains dan teknologi di kalangan siswa. Publikasi ilmiah hasil inovasi pembelajaran dapat menjadi panduan bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi praktik serupa. Implikasi hasil penelitian ini melibatkan pemberdayaan guru dan siswa dalam menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21 dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana peningkatan keterampilan kolaborasi dan literasi digital.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Alfan Suri , R., Syaifudin, A., Aini, K., & Subekti, H. (2023). Pelatihan Pembelaran Biologi Berbasis Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Literasi Digital Di SMK 3 Muhammadiyah. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 46–55. https://doi.org/10.47902/member.v2i3.288