Pendampingan Mendeley Untuk Penulisan Artikel Ilmiah Berkualitas Bagi Mahasiswa Universitasa Islam Lampung
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v4i1.373Keywords:
Mendeley, Artikel Ilmiah, Manajemen ReferensiAbstract
Keterampilan menulis artikel ilmiah berkualitas krusial bagi siswa. Tantangan utama seringkali terkait pengelolaan referensi dan menghindari plagiarisme. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa UNISLA dalam menulis artikel ilmiah melalui pendampingan penggunaan Mendeley. Intensifikasi program ini mencakup etika publikasi, instalasi dan penggunaan dasar Mendeley, teknik kutipan, pengelolaan referensi, serta praktik daftar pustaka otomatis. Metode yang digunakan meliputi ceramah, refleksi, diskusi, dan praktik langsung. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman etika publikasi dan kemampuan teknis Mendeley. Antusiasme dan partisipasi aktif peserta mengindikasikan keberhasilan program dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan esensial untuk menghasilkan artikel ilmiah berkualitas dan bebas plagiarisme.