Pendampingan Mendeley Untuk Penulisan Artikel Ilmiah Berkualitas Bagi Mahasiswa Universitasa Islam Lampung

Authors

  • M. Agus Kurniawan Universitas Islam Lampung
  • Dedi Lazwardi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Jimmy Cromico Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Joni Kawijaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v4i1.373

Keywords:

Mendeley, Artikel Ilmiah, Manajemen Referensi

Abstract

Keterampilan menulis artikel ilmiah berkualitas krusial bagi siswa. Tantangan utama seringkali terkait pengelolaan referensi dan menghindari plagiarisme. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa UNISLA dalam menulis artikel ilmiah melalui pendampingan penggunaan Mendeley. Intensifikasi program ini mencakup etika publikasi, instalasi dan penggunaan dasar Mendeley, teknik kutipan, pengelolaan referensi, serta praktik daftar pustaka otomatis. Metode yang digunakan meliputi ceramah, refleksi, diskusi, dan praktik langsung. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman etika publikasi dan kemampuan teknis Mendeley. Antusiasme dan partisipasi aktif peserta mengindikasikan keberhasilan program dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan esensial untuk menghasilkan artikel ilmiah berkualitas dan bebas plagiarisme.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

M. Agus Kurniawan, Dedi Lazwardi, Jimmy Cromico, & Joni Kawijaya. (2025). Pendampingan Mendeley Untuk Penulisan Artikel Ilmiah Berkualitas Bagi Mahasiswa Universitasa Islam Lampung. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47902/member.v4i1.373