PERAN USTADZ USTADZAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SANTRI DI TPQ AL KAROMAH JREBENGKEMBANG

Penulis

  • Muhammad Irfan Maulana Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Abstrak

Abstrak 

TPQ Al Karomah memiliki delapan tingkatan jilid sedangkan hanya terdapat lima  ustadz/ustadzah, artinya terdapat ustadz/ustadzah yang melakukan pembelajaran kelas rangkap, dari sini penulis ingin membahas tentang peran ustadz/ustadzah dalam membina kemampuan membaca Al Qur'an dalam pembelajaran kelas rangkap dan metode yang digunakan oleh ustadz/ustadzah. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ustadz/ustadzah, apakah memiliki peran yang baik dan menggunakan metode yang tepat. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, kemudian untuk mencari sumber data, penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara kepada Kepala TPQ dan ustadz/ustadzah yang mengajar di TPQ tersebut. Adapun teknik analisis data yang dilakukan penulis  yaitu teknik analisis data lapangan. Dalam analisis data di lapangan, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Maulana, M. I. (2023). PERAN USTADZ USTADZAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SANTRI DI TPQ AL KAROMAH JREBENGKEMBANG. Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 2(4), 50–56. Diambil dari https://e-journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-akmal/article/view/122