ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DLWI MADURA

Penulis

  • Yusuf Mustofa Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstrak

Metode adalah cara kerja sistematis artinya dapat memudahkan pelaksanaan agar kondusif dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Metode merupakan cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan untuk mencpai tujuan yang di tentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa arab yang digunakan di Pondok Pesantren Darul Lughoh Wadirosatil Islamiyah Madura. Adapun pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif.  dengan Analisis Desktriptif sebagai metode untuk mengalisis data. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, yaitu teknik pengamatan partisipasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Adapun analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan dan dilakukan secara interaktif melalu proses reduksi data, display data dan verification atau penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneiliti, Metode-Metode pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Darul Lughoh Wadirosatil Islamiyah Madura adalah Metode Langsung (Thoriqoh Mubasyiroh), Metode Ceramah, Metode Tata Bahasa (Qowaid Wa Tarjamah), Metode Diskusi (Bahtsul Masail), Metode Debat, Metode Demonstrasi (Bayan Al Haroki), Metode Bercerita dan Metode Menghafal.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Mustofa, Y. (2023). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DLWI MADURA. Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 2(3), 1–11. Diambil dari https://e-journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-akmal/article/view/63