EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DITINJAU DARI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Wahyu Kusumaningtyas Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Tunggal Suprianto Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

Kata Kunci:

Make a Match, Kecerdasan Matematis Logis, Prestasi Belajar

Abstrak

Matematika dipelajari hampir disetiap jenjang pendidikan, baik jenjang sekolah dasar, sekolah menengah, bahkan sekolah kejuruan pun semua mempelajari matematika. Matematika juga sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masa­lah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.  Namun dalam mempelajari matematika, tidak sedikit siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan ilmu yang sukar untuk dipelajari.  Hal ini sebenar­nya tak terlepas dari peran guru untuk merancang suatu pembelajaran agar lebih menarik.  Untuk itu diperlukan kemam­puan dan ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran, sehingga siswa dapat berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat me­ngembangkan potensinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh masing-masing kategori kecerdasan matematis logis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap prestasi belajar siswa; (3) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan kecerdasan matematis logis yang terjadi pada prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul A’mal Metro. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sebelum melakukan penelitian terhadap dua kelompok populasi dilakukan uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama.  Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dengan desain faktorial 2x3. Uji prasyarat dengan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlett untuk uji homogenitas. Hasil analisis dalam penelitian ialah: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar siswa; (2) terdapat pengaruh kecerdasan matematis logis terhadap prestasi belajar siswa; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe make a match yang diterapkan dan masing-masing kategori kecerdasan matematis logis pada prestasi belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Kusumaningtyas, W., & Suprianto, T. (2023). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DITINJAU DARI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 2(3), 37–49. Diambil dari https://e-journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-akmal/article/view/69