PENGEMBANGAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Caswita Caswita Universitas Lampung
  • Suharsono Suharsono Universitas Lampung

Kata Kunci:

Guided inquiry, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis

Abstrak

Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang bertujuanuntuk (a) menghasilkanprodukberupa model guided inquiry yang valid dan praktismeningkatkankemampuanberpikirkritismatematissiswa, dan (b) mengetahui model guided inquiry yang dikembangkanefektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritismatematissiswa. Penelitaninimengacu pada Borg & Gall. Prosedurpenelitian yang dilakukanyaitupenelitian dan pengumpulan data (analisiskebutuhan), perencanaanpengembangandesainprodukawal, uji cobalapanganawal, revisihasil uji cobalapanganawal dan uji cobalapangan. Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahunpelajaran 2019/2020. Data penelitiandiperolehmelaluiobservasi, wawancara, angket, dan teskemampuanberpikirkritismatematis. Teknik analisis data yang digunakanadalahstatistikdeskriptif dan Uji-t. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa model guided inquiry yang dikembangkanmemilikikriteria valid dan praktis. Selanjutnya rata-rata skorN-Gainkemampuanberpikirkritismatematissiswasetelahdiberikanpengembangan model guided inquirylebihdari rata-rata skorN-Gainkemampuanberpikirkritissiswa yang mengikutipembelajarandenganguided inquirybiasa, sehinggapengembangan model guided inquiryefektifuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritismatematissiswa.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Kurnia, I., Caswita, C., & Suharsono, S. (2022). PENGEMBANGAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan , 1(1), 48–58. Diambil dari https://e-journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-ikmal/article/view/32