ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
Abstrak
Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang perlu dilatih. Kemampuan berpikir kritis harus diajarkan kepada siswa untuk menghasilkan ide dan mengambil kesimpulan yang benar. Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan berpikir kritis ketika menyelesaikan masalah fisika yang berbentuk esai tentang usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 MA Darul A'mal Metro Lampung. dengan teknik purposive random sampling. Proses penelitian meliputi tahapan sebagai berikut: tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Rencana dan pengamatan merupakan tahap awal. Fase utama dari penelitian ini melibatkan pemberian tes kepada siswa yang terdiri dari lima pertanyaan esai yang dirancang untuk menilai keterampilan berpikir kritis, usaha, dan energi. Penarikan kesimpulan setelah mempelajari data berupa nilai-nilai yang diperoleh dari metode analisis merupakan tahap akhir. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa kelas X MA Darul A'mal Metro Lampung memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang rendah. Secara spesifik kemampuan mereka dalam memberikan penjelasan sederhana sebesar 43,9%, mengembangkan kemampuan dasar dalam 44%, dan kemampuan membuat simpulan sebesar 39% (sangat rendah). ), indikator yang memberikan klarifikasi tambahan 39% (sangat rendah), indikator yang mengatur strategi dan taktik 41% (sangat rendah). Dapat disimpulkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek dan indikator berpikir kritis yang dikemukakan Ennis masih tergolong rendah.