Program Penguatan Pembelajaran Fisika Melalui Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Darul A’mal Metro Lampung

Authors

  • Hamatun Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v3i2.347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran fisika melalui program bimbingan belajar di Pondok
Pesantren Darul A’mal Metro, Lampung. Pendekatan yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI Madrasah Aliyah
(MA) peminatan IPA. Program ini dilaksanakan selama dua bulan, dengan
pertemuan dua kali seminggu selama 120 menit, melibatkan enam mahasiswa
pendamping untuk mendukung efektivitas pelaksanaan. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan signifikan pada minat dan motivasi belajar siswa,
yang terlihat dari antusiasme siswa selama program berlangsung dan hasil
evaluasi try-out Penilaian Akhir Semester (PAS). Nilai rata-rata siswa
meningkat dari 42 menjadi lebih baik setelah mengikuti bimbingan belajar.
Program ini juga memberikan solusi atas kendala pembelajaran formal, seperti
keterbatasan waktu dan beban pelajaran di pondok pesantren. Selain itu,
partisipasi aktif guru dan mahasiswa menciptakan suasana belajar yang lebih
interaktif dan mendalam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan
belajar merupakan strategi efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dan
meningkatkan pemahaman konsep fisika, serta dapat diadopsi sebagai model
pembelajaran berkelanjutan untuk mata pelajaran lainnya.

Published

2024-12-31

How to Cite

Hamatun. (2024). Program Penguatan Pembelajaran Fisika Melalui Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Darul A’mal Metro Lampung. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan , 3(2), 10–17. https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v3i2.347