IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FLUIDA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER-TEST
Keywords:
Three-tier Test, Miskonsepsi, FLuidaAbstract
Abstract
Miskonsepsi adalah konsep yang dimiliki siswa tidak sesuai dengan konsep para ilmuwan. Konsep ini akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep selanjutnya yang berkaitan satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA pada konsep fluida, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi yang dimiliki siswa kelas XI IPA pada konsep fluida. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Daarul Ma’arif Lampung dan SMA N 2 Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Analisis miskonsepsi siswa menggunakan konsep perhitungan yang telah disusun oleh kaltakci (2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27,58% siswa memahami konsep fluida, 44,06% siswa tidak memahami konsep fluida, 22,16% siswa mengalami miskonsepsi dan 2,19% data siswa mengalami eror. Oleh karena itu disimpulkan three-tier test dapat mengidentifikasi miskonsepsi serta penyebab miskonsepsi tersebut.