Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika

Penulis

  • Rosmaya Rosmaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Fetty Faridatun Sholikhah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Siti Maysaroh Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Veniati Veniati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179

Kata Kunci:

Pembelajaran, Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematis

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VIII  MTs Sunanul Huda Natar  tahun  pelajaran 2022/2023.  Desain  penelitian  ini  adalah postest only control group design dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan instrumen berbentuk essay pada materi sistem persamaan linier dua variabel . Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Rosmaya, R., Faridatun Sholikhah, F., Kurnia, I., Maysaroh, S., & Veniati, V. (2023). Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 2(3), 182–217. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179