Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika

Authors

  • Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Fetty Faridatun Sholikhah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Siti Maysaroh Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Veniati Veniati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179

Keywords:

Pembelajaran, Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VIII  MTs Sunanul Huda Natar  tahun  pelajaran 2022/2023.  Desain  penelitian  ini  adalah postest only control group design dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan instrumen berbentuk essay pada materi sistem persamaan linier dua variabel . Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Published

2023-06-23

How to Cite

Darul A’mal Lampung, I. A. I., Faridatun Sholikhah, F., Kurnia, I., Maysaroh, S., & Veniati, V. (2023). Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 2(3), 182–217. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179