Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Teori Polya
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.176Keywords:
Kesalahan, Teori Polya, TrigonometriAbstract
Penelitian ini membahas tentang kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berdasarkan teori Polya. dan juga ingin mengetahui factor-faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan dalam bentuk penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Subjek yang terpilih dalam wawancara adalah delapan orang siswa yang ditentukan dari tes diagnostiknya. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian merupakan siswa yang memiliki kesalahan yang bervariatif dan lebih terkait pada teori Polya yaitu kesalahan pemahaman, kesalahan perencanaan, dan kesalahan pelaksanaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes diagnostik,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunnakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri melakukan kesalahan berdasarkan Teori polya. Peserta didik yang melakukan kesalahan pemahaman adalah tidak mampu menginterpretasikan soal ke dalam bahasa matematika, kesalahan perencanaan adalah kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam merencanakan rumus yang akan digunakan dan kesalahan pelaksanaan adalah kesalahan dalam melakukan pengoperasian. Faktor penyebab terjadinya hal tersebut berdasarkan hasil penelitian ini yaitu berasal dari faktor intern yakni minat, motivasi, bakat dan intelegensi siswa, dan dari foktor ekstern yaitu metode mengajar yang digunakan oleh guru matematika.