Analisis Kemampuan Ekspresi Matematis Pada Materi Statistika Siswa MTs Ikhlas Beramal Metro

Penulis

  • Wahyu Kusumaningtyas Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Dimas Alfarisyi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Khoirul Hidayah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Veniati Veniati Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.181

Kata Kunci:

Representasi Matematis, Statistika

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kemampuan representasi matematis. Representasi sendiri menjadi awal dalam pengerjaan soal matematika. Meskipun begitu, pembelajaran matematika belum melibatkan representasi matematis. Hal ini, juga dialami oleh MTs Ikhlas Beramal Metro. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa MTs Ikhlas Beramal Metro dalam menyelesaikan permasalahan dari materi Statistika Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian ini diambil 6 subjek wawancara yang mewakili tiga kelompok yaitu; kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah. Kriteria subjek wawancara adalah dapat mewakili jawaban masing-masing kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis bentuk visual berada pada skor 39,2 dengan kategori kurang sekali. Artinya untuk indikator-indikator menyajikan kembali data dari suatu bentuk representasi ke dalam diagram, grafik maupun tabel secara sistematis secara umum belum terpenuhi. Rata-rata kemampuan representasi ekspresi berada pada skor 58,8 dengan kategori sedang. Artinya secara untuk inidkator-indikator membuat persamaan atau model matematika  dari  representasi  yang diberikan  mampu dipenuhi oleh siswa kelompok atas dan tengah, tetapi indikator melibatkan ekspresi matematis dalam menyelesaikan permasalahan hanya mampu dipenuhi kelompok atas. Sedangkan kemampuan representasi matematis kata-kata skor rata-ratanya 52,4 dengan kategori kurang. Artinya untuk indikator membuat situasi  masalah  berdasarkan data-data atau representasi yang diberikan hanya mampu dipenuhi kelompok atas dan tengah, sedangkan untuk indikator Menjawab soal dengan kata-kata atau teks tertulis hanya mampu dipenuhi oleh siswa kelompok atas.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Kusumaningtyas, W., Alfarisyi, D., Kurnia, I., Hidayah, K., & Veniati, V. (2022). Analisis Kemampuan Ekspresi Matematis Pada Materi Statistika Siswa MTs Ikhlas Beramal Metro. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 1(1), 243–276. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.181