PENGEMBANGAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
Kata Kunci:
Guided inquiry, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritisAbstrak
Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang bertujuanuntuk (a) menghasilkanprodukberupa model guided inquiry yang valid dan praktismeningkatkankemampuanberpikirkritismatematissiswa, dan (b) mengetahui model guided inquiry yang dikembangkanefektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritismatematissiswa. Penelitaninimengacu pada Borg & Gall. Prosedurpenelitian yang dilakukanyaitupenelitian dan pengumpulan data (analisiskebutuhan), perencanaanpengembangandesainprodukawal, uji cobalapanganawal, revisihasil uji cobalapanganawal dan uji cobalapangan. Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahunpelajaran 2019/2020. Data penelitiandiperolehmelaluiobservasi, wawancara, angket, dan teskemampuanberpikirkritismatematis. Teknik analisis data yang digunakanadalahstatistikdeskriptif dan Uji-t. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa model guided inquiry yang dikembangkanmemilikikriteria valid dan praktis. Selanjutnya rata-rata skorN-Gainkemampuanberpikirkritismatematissiswasetelahdiberikanpengembangan model guided inquirylebihdari rata-rata skorN-Gainkemampuanberpikirkritissiswa yang mengikutipembelajarandenganguided inquirybiasa, sehinggapengembangan model guided inquiryefektifuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritismatematissiswa.