Penerapan Pokok Fungsi Linear Pada Matematika Ekonomi Membantu Dalam Menganalisis Titik Impas (Break-Even Point) Pada Analisis Impas
DOI:
https://doi.org/10.47902/jshi.v1i2.301Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana responden mahasiswa berperilaku dan aktifitasnya dalam belajar materi fungsi linier dan menerapkannya untuk menyelesaikan masalah tentang analisis titik impas (BEP). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap penerapan sub pokok fungsi linier pada matematika ekonomi untuk analisis BEP memiliki respon yang baik dan positif sebesar 76,25%. Komponen yang dominan adalah partisipasi mahasiswa yang dapat dilihat dari kegiatan mereka dalam melakukan praktek analisis BEP langsung kepada pelaku ekonomi di sekitar kampus IAIDA. Aktivitas mahasiswa dalam menerapkan sub pokok fungsi linier pada matematika ekonomi untuk analisis BEP dapat dikatakan meningkat, karena rata-rata setiap komponen selama observasi mencapai 77,27%. Hal ini karena mahasiswa dapat menerapkan konsep fungsi linier untuk menyelesaikan analisis BEP yang dilakukan oleh pelaku ekonomi di sekitar kampus dengan cara praktek langsung terhadap pelaku ekonomi.